Indonesia Center for Performance Excellence

Selama lebih dari 32 tahun, Kriteria untuk Kinerja Unggul telah berkembang seiring dengan pendorong daya saing organisasi dan kesuksesan jangka panjang. Melalui evolusi ini, Baldrige Excellence Framework menawarkan kepada organisasi saat ini panduan kepemimpinan dan manajemen nonpreskriptif yang memfasilitasi pendekatan sistem untuk mencapai keunggulan. Ketika kerangka kerja Baldrige dan Kriteria berkembang, keduanya harus menyeimbangkan dua pertimbangan penting. Di satu sisi, Kriteria perlu mencerminkan standar nasional untuk keunggulan kinerja, membantu organisasi mengatasi tantangan kepemimpinan dan manajemen saat ini dan mengedukasi organisasi membangun sistem manajemen kinerja terintegrasi dalam semua aspek. Di sisi lain, Kriteria harus dapat diakses dan ramah pengguna untuk berbagai organisasi pada berbagai tingkat maturitas. Untuk menjawab pertimbangan pertama, beberapa konsep dijalin ke dalam perubahan yang tercermin dalam Baldrige Excellence Framework 2023–2024. Misalnya, kegesitan dan ketahanan terintegrasi di seluruh kategori, dan inovasi terklarifikasi. Contoh lain termasuk perubahan sifat pengaturan kerja dan tempat kerja, serta keragaman, kesetaraan, dan inklusi, yang ditekankan di seluruh Kriteria dan dalam catatan. Untuk menjawab pertimbangan kedua, banyak perubahan dalam revisi ini membuat Kriteria lebih ramah pengguna melalui pembaruan, penyederhanaan, dan klarifikasi. Misalnya, beberapa catatan yang tidak penting untuk memahami cara menjawab pertanyaan Kriteria telah dipindahkan dari item Kriteria ke komentar online atau dihilangkan sama sekali. Perubahan paling signifikan pada item Kriteria diringkas sebagai berikut.

 

Profil Organisasi

  • Beberapa pertanyaan "apa" telah dipindahkan ke Profil Organisasi; Misalnya, konsep peluang strategis dipindahkan karena lebih cocok dengan tantangan strategis, dan peluang memiliki implikasi di berbagai kategori. Dalam kasus lain dari pertanyaan "apa", keputusan dibuat untuk meninggalkan mereka dalam kategori di mana mereka memiliki dampak paling besar.
  • Item P.1a(3), Profil Tenaga Kerja, telah disederhanakan untuk kejelasan. Selain itu, persyaratan pendidikan telah dihapus dari pertanyaan Kriteria berdasarkan umpan balik bahwa ini tidak digunakan dalam penilaian.
  • Pertanyaan telah ditanamkan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang model bisnis organisasi dalam P.1a(1; persentase pendapatan) dan P.2a(1; pembeda).

 

Kategori 1: Kepemimpinan

  • Dalam 1.1a, misi sekarang dirujuk di antara elemen-elemen utama yang menjadi tanggung jawab para pemimpin senior untuk menetapkan dan menyebarkan. Demikian pula, dalam 1.1c(1), keselamatan dan keragaman ditambahkan terkait dengan tanggung jawab para pemimpin senior untuk menciptakan lingkungan untuk sukses.
  • Pertanyaan tentang peran dewan dalam evaluasi kinerja organisasi dipindahkan dari 4.1b ke 1.2a(3) untuk menyatukan pertanyaan-pertanyaan dewan tata kelola.

 

Kategori 2: Strategi

  • Dalam 2.1a(2), daftar pertimbangan strategi direvisi untuk fokus pada elemen-elemen dan risiko-risiko utama.
  • Istilah sistem kerja dihapus dari judul area yang akan dituju, yang sekarang merujuk pada alih daya dan kompetensi inti. Konsep penting dari sistem kerja masih muncul di 2.1a(4) dan 5.1a(3), dan dalam beberapa catatan, serta dalam glosarium.

 

Kategori 3: Pelanggan

  • Konsep lintas sektoral suara pelanggan sekarang ditanamkan dalam item 3.1, 3.2, dan 6.1 dalam mendengarkan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, merancang produk dan layanan, dll.
  • Dalam 3.2b, bidang pembahasan tentang kepuasan, ketidakpuasan, dan keterlibatan pelanggan disederhanakan untuk kejelasan. Konsep pengalaman pelanggan juga dirujuk secara keseluruhan untuk item 3.2.

 

Kategori 4: Pengukuran, Analisis, dan Manajemen Pengetahuan

  • Kegesitan pengukuran dipindahkan ke 4.1a(1) agar lebih sesuai dengan pertanyaan lain, dan kinerja dan proyeksi kinerja digulirkan menjadi 4.1b. Revisi ini membuat proyeksi kinerja menjadi pertanyaan multiple versus pertanyaan overall dan agar lebih selaras antara pertanyaan dengan Pedoman Penilaian Hasil tentang proyeksi, yang berada dalam kisaran 70–85% dan 90–100%.
  • Berdasarkan umpan balik pengguna, keamanan siber dipindahkan dari kategori 6 ke kategori 4 untuk dimasukkan dalam manajemen informasi dan pengetahuan. Kata-kata dalam Kriteria masih menyampaikan bahwa keamanan siber adalah keharusan strategis di seluruh organisasi.

    Item 4.2c sekarang menampilkan pendorong inovasi, memindahkan konsep dari kategori 6 ke kategori 4 sebagai upaya untuk meminimalkan kebingungan tentang di mana harus menanggapi inovasi dalam Kriteria. Butir 4.2c telah ditulis ulang untuk menunjukkan pentingnya inovasi bagi keseluruhan organisasi dan hubungannya dengan sistem manajemen pengetahuan organisasi.

criteria change

 

(Perubahan pada Baldrige Excellence Framework versi 2023 -2024 dari versi 2021 -2022).

Kategori 5: Tenaga Kerja

  • Ketidakpuasan tenaga kerja telah disebut sebagai area untuk secara mandiri menentukan akar penyebab dan memungkinkan solusi sistematis untuk menghindari ketidakpuasan di masa depan.
  • Efektivitas sistem pembelajaran dan pengembangan (sebelumnya 5,2c[3]) tertanam dalam elemen pembelajaran Kriteria dalam Sistem Penilaian dan dibahas dalam 5,2c(2), dengan hasil efektivitas dilaporkan dalam kategori 7.
  • Kompensasi sekarang dimunculkan bersama tunjangan tenaga kerja dan mencakup pertimbangan tentang keadilan.

 

Kategori 6: Operasi

  • Item 6.1a dan 6.1b disederhanakan untuk fokus pertama pada produk dan atau/layanan serta desain proses, kemudian pada pengelolaan dan perbaikan proses.
  • Butir 6.1a(2) dan 6.1a(4) sekarang mencakup bahasa yang berkaitan dengan meminimalkan dampak sosial atau lingkungan yang berbahaya dari produk dan/atau layanan serta operasi.
  • Manajemen jaringan pasokan dipindahkan dari item 6.1 ke item 6.2 di bawah payung efektivitas operasional. Sebuah catatan di 6.2b menjelaskan mengapa istilah jaringan pasokan digunakan sebagai pengganti rantai pasokan dalam Kriteria, untuk mencerminkan pendekatan yang lebih tangguh terhadap manajemen pemasok.
  • Mengurangi limbah yang terkait dengan produk dan/atau layanan Anda ditambahkan sebagai contoh dan sebagai catatan, yang mencerminkan perkembangan yang fokus pada bergulirnya ekonomi.
  • Bidang pembahasan untuk mengatasi pendekatan menyeluruh Anda terhadap manajemen risiko ditambahkan pada 6.2c(2).

 

Kategori 7: Hasil

  • Item 7.2 sekarang meminta hasil pengalaman pelanggan.
  • Butir 7.3 sekarang meminta hasil dari ketidakpuasan dan retensi tenaga kerja.
  • Butir 7.4 sekarang meminta hasil tentang bagaimana para pemimpin senior menumbuhkan budaya yang menghargai keragaman dan mendorong kesetaraan dan inklusi, inovasi, dan pengambilan risiko secara cerdas.
  • Butir 7.5 sekarang meminta hasil untuk ukuran utama atau indikator upaya inovasi Anda.

 

Sistem Penilaian

Informasi penilaian, termasuk nilai skor maksimum per item, telah dipindahkan ke bagian Sistem Penilaian. Ini memperkuat penggunaan Kriteria sebagai panduan kepemimpinan dan manajemen, sambil tetap memungkinkan penilaian mandiri. Beberapa nilai poin telah bergeser di antara item untuk meningkatkan keseimbangan: (1) Lima poin telah dipindahkan dari item 1.1 ke item 2.2 untuk memberikan bobot lebih pada implementasi strategi. Tidak ada niat untuk mengecilkan kepemimpinan; Kategori 1 masih merupakan kategori proses dengan potensi poin tertinggi. Namun, strategi adalah salah satu tanggung jawab utama kepemimpinan, dan implementasi strategi sangat penting untuk kesuksesan yang berkelanjutan. (2) Nilai poin telah dialihkan untuk item 6.1 dan 6.2 karena item 6.2 sekarang memiliki fokus yang kuat pada jaringan pasokan, keamanan/kelangsungan bisnis/ketahanan, dan manajemen risiko.

 

Nilai Inti

  • Konsep keunggulan yang berfokus pada pelanggan sekarang terlihat pada pengurangan ketidakpuasan serta keluhan.
  • Konsep menghargai orang sekarang merujuk pada perlakuan yang adil dari semua pelanggan dan anggota tenaga kerja.
  • Konsep fokus pada kesuksesan dan inovasi sekarang merujuk pada mengejar pertumbuhan berkelanjutan dan kepemimpinan kinerja yang berpotensi memerlukan transformasi bisnis.

 

Glosarium Istilah Penting

  • Definisi telah ditambahkan untuk istilah kegesitan, budaya, dan sistem.
  • Istilah inovasi telah diperjelas; untuk konsistensi, Kriteria sekarang menggunakan inovasi sebagai proses/kegiatan dan inovasi untuk merujuk pada hasil (perbaikan berkelanjutan atau "terobosan" dalam hasil, produk, proses, atau kesejahteraan masyarakat). Inovasi sekarang dimasukkan dalam 2.1a(3) sebagai bagian dari fokus pada peluang strategis. Seluruh area dalam mengejar inovasi dan mengelola inovasi telah dikonsolidasikan dalam 4.2c.
  • Ada beberapa istilah yang sengaja tidak dimasukkan dalam Glosarium karena dua alasan: (1) definisi dalam Glosarium dimaksudkan untuk kata-kata yang dapat digunakan secara berbeda dalam Kriteria daripada dalam pemahaman umum; dan (2) definisi istilah yang dapat dianggap sensitif secara politis dapat dijabarkan dalam catatan (bukan dalam Glosarium) sehingga konteks dan penggunaannya dapat diperjelas